Jumat, 13 November 2015

Desain Pemodelan Grafik




            Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafik dengan membandingkan artikel dari blog milik orang lain. Yuk cekidot lihat pembahasannya.


Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra, dikutip dari blog milik Yandra Budianto.

Sedangkan, menurut Nabila Adilah Desain pemodelan grafik adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik dalam 3D maupun 2D, dengan tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan advertising. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.

Nabila Adilah membahas mengenai Perkembangan Teknologi / Algoritma pada Pemodelan Grafis 3D dengan pembahasan software yang dapat digunakan untuk pembuatan animasi. Sofware Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects dapat digunakan untuk pembuatan animasi 2D. Sedangkan untuk pembuatan animasi 3 dimensi dapat menggunakan software 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder. Lalu nabilah juga membahas tentang Rendering, Pengaruh kebudayaan dan teknologi terhadap pembuatan Desain Pemodelan Grafik, dan juga membahas tentang Desain Pemodelan Grafik dari segi interaksi manusia dengan komputer.



Selain pengertian, Yandra Budianto juga membahas mengenai unsur, kegunaan dan prinsip unsur dalam Desain Pemodelan Grafik. Yandra menjelaskan beberapa unsur yang terdapat dalam Desain Pemodelan Grafik seperti Line, Shape, Texture, Space, dan Size. Pembuatan jaringan komputer dalam bidang IT adalah salah satu contoh kegunaan menurut bidangnya.

Nah setelah saya membaca blog milik Nabilah dan Yandra, menurut saya Nabilah lebih memusatkan penulisan kepada Software dan Pengaruh Desain Pemodelan Grafik. Sedangkan milik Yandra lebih memusatkan penulisan kepada Unsur dan Kegunaan dari Desain Pemodelan Grafik. Mungkin jika penulisan dari Nabilah dan Yandra digabungkan akan menjadi suatu tulisan yang lebih lengkap.

Yap sekian postingan saya. Thanks sudah mau membaca dan mohon maaf kalo ada kekurangan ya, semoga bermanfaat ya guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar