Pada
postingan kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafik dengan
membandingkan artikel dari blog milik orang lain. Yuk cekidot lihat
pembahasannya.
Desain pemodelan grafik
merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software
dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra, dikutip dari blog milik Yandra Budianto.
Sedangkan, menurut Nabila
Adilah Desain pemodelan grafik adalah proses untuk menghasilkan citra suatu
objek baik dalam 3D maupun 2D, dengan tujuan untuk memahami desain grafis
sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks
media sehingga pada kenyataannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang
diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan advertising. Kegiatan
yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris,
rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Nabila Adilah membahas
mengenai Perkembangan Teknologi / Algoritma pada Pemodelan Grafis 3D dengan
pembahasan software yang dapat digunakan untuk pembuatan animasi. Sofware
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects dapat digunakan untuk
pembuatan animasi 2D. Sedangkan untuk pembuatan animasi 3 dimensi dapat
menggunakan software 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage,
Poser, Motion Builder. Lalu nabilah juga membahas tentang Rendering, Pengaruh
kebudayaan dan teknologi terhadap pembuatan Desain Pemodelan Grafik, dan juga
membahas tentang Desain Pemodelan Grafik dari segi interaksi manusia dengan
komputer.
Selain pengertian, Yandra
Budianto juga membahas mengenai unsur, kegunaan dan prinsip unsur dalam Desain
Pemodelan Grafik. Yandra menjelaskan beberapa unsur yang terdapat dalam Desain
Pemodelan Grafik seperti Line, Shape, Texture, Space, dan Size. Pembuatan
jaringan komputer dalam bidang IT adalah salah satu contoh kegunaan menurut
bidangnya.
Nah setelah saya membaca blog
milik Nabilah dan Yandra, menurut saya Nabilah lebih memusatkan penulisan kepada
Software dan Pengaruh Desain Pemodelan Grafik. Sedangkan milik Yandra lebih
memusatkan penulisan kepada Unsur dan Kegunaan dari Desain Pemodelan Grafik.
Mungkin jika penulisan dari Nabilah dan Yandra digabungkan akan menjadi suatu
tulisan yang lebih lengkap.
Yap sekian postingan saya.
Thanks sudah mau membaca dan mohon maaf kalo ada kekurangan ya, semoga
bermanfaat ya guys.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar