Rabu, 12 Oktober 2016

Review Penulisan



TULISAN

Dalam penulisan ini, saya membuat sebuah penulisan mengenai “Pembuatan Website Pendaftaran Calon Paskibraka Kota Depok”.
Seperti yang kita ketahui, perkembangan zaman semakin pesat, kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat dibutuhkan dan termasuk penting. Berbagai organisasi, instansi, perusahaan ataupun lembaga pendidikan berusaha mengembangkan kegiatannya dengan melakukan banyak perubahan melalui pemanfaatan teknologi yang canggih seperti komputer sebagai pengganti tenaga kerja manusia.
Sehubungan dengan organisasi, maka tidak lepas dari struktur keanggotaan yang baru. Salah satunya adalah Purna Paskibraka Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi PPI merupakan suatu organisasi perkumpulan anggota Paskibraka yang didirikan oleh alumni Paskibraka senior  yang  pernah bertugas pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 80-an,  PPI merupakan organisasi yang dibina oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di setiap wilayah provinsi Indonesia dan tidak memiliki kepengurusan ditingkat pusat.
Paskibraka yang bertugas untuk mengibarkan Bendera Merah Putih berasal dari pelajar tingkat SMA sederajat kelas 10 atau 11. Penyeleksian biasanya dilakukan bertahap dari tingkat kota lalu menuju tingkat provinsi dan kemudian akan menuju tingkat nasional. Minat siswa-siswi di Kota Depok terhadap seleksi Paskibraka untuk bisa menjadi seorang Purna Paskibraka Indonesia bisa dikatakan tinggi. Pada bulan Maret tahun 2016 pendaftar mencapai 390 siswa dari berbagai SMA sederajat di Kota Depok.
Namun proses pendaftaran dan penerimaan calon Paskibraka di Kota Depok masih dilakukan secara manual oleh pihak-pihak terkait didalamnya, belum terkomputerisasi ataupun menggunakan aplikasi khusus. Proses tersebut masih memiliki banyak kelemahan karena dapat membutuhkan waktu yang tidak sedikit bagi pihak terkait. Serta pendaftaran manual menyebabkan para pendaftar harus  berdesakkan dan mengantri ketika pendaftaran ataupun ketika melihat hasil kelulusan yang di tempel ada papan pengumuman, sehingga dapat menyebabkan ketidakteraturan dan terlihat kurang efisien.
Oleh karena itu, penggunaan sistem informasi yang telah terkomputerisasi sangatlah penting dan berguna khususnya dalam pendaftaran maupun penerimaan calon Paskibraka. Sistem yang terkomputerisasi dapat membantu siswa-siswi termasuk pengurus Purna Paskibraka Kota Depok karena pengisian data bagi calon Paskibraka yang dapat diakses secara fleksibel melalui internet dan dapat menghemat waktu serta tenaga.
Dengan adanya permasalahan diatas, maka saya mencoba memberikan solusi untuk membantu dalam proses pendaftaran dan penerimaan Capaska Kota Depok dengan suatu rancangan sistem informasi berbasis web secara online. Sistem ini akan diimplemantasikan oleh saya dalam penyusunan penulisan ilmiah. Adapun metode penulisan yang saya gunakan adalah melakukan studi pustaka, Melakukan perancangan tampilan dan alur program yang akan dibuat, dan mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam coding bahasa pemrograman yang dipilih, yaitu HTML dan PHP untuk merancang website serta melakukan pengujian pada website.
Segala sesuatu yang dibuat manusia pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari website pendaftaran online ini adalah mempermudah proses pendaftaran, dapat diakses secara fleksibel dan efisien untuk calon pendaftar, mengurangi tenaga kerja pihak terkait, memnghemat waktu dalam proses penerimaan Paskibraka Kota Depok. Kekurangan dari dari pendaftaran online ini adalah membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk dapat melakukan pendaftaran.
Masa kini adalah masa dimana teknologi sudah berkembang. Kegiatan manusia diupayakan sudah terkomputerisasi untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan. Saya menawarkan salah satu metode pendaftaran baru yaitu secara online untuk Purna Paskibraka Indonesia dengan pembuatan website, yang saya promosikan dengan membuat sebuah proposal dan diajukan kepada pengurus Purna Paskibraka Indonesia khususnya Kota Depok. Dengan harapan, bahwa dengan pembuatan website pendafaran online ini maka kegiatan seleksi Capaska akan lebih efektif dan efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar