Rabu, 29 April 2015

E-COMMERCE



Pengertian E-Commerce

E-Commerce atau yang biasa disebut dengan perdagangan elektronik adalah aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang serta pelayanan jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer. Selain itu E-Commerce juga berhubungan dengan aktivitas transfer, transaksi elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipergunakan untuk tujuan promosi atau periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS $12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Di dalam teknologi informasi E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussines yang memiliki cakupan yang lebih luas dari segi aktivitas maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan.


Keuntungan E-Commerce

Keuntungan kita jika menggunakan E-Commerce adalah untuk melakukan penjualan kita tidak perlu repot-repot menyewa tempat atau ruko seperti yang dilakukan para pengusaha manual sebagai tempat usaha. Kalau kita menggunakan E-Commerce cukup dengan adanya koneksi internet kita dapat berbisnis dimana saja seperti dirumah, dikantor. Calon konsumen juga menjadi tidak terbatas pada daerah tertentu saja melainkan mencakup daerah yang luas karena produk yang kita tawarkan bisa dilihat hanya dengan menggunakan akses internet yang sangat mudah didapatkan sekarang ini.
Selain itu komunikasi antara konsumen dan produsen juga menjadi sangat mudah karena dilakukan secara online menggunakan internet. Dari segi pemasaran juga akan sangat dimudahkan tidak seperti usaha manual yang memerlukan biaya yang besar untuk pemasaran atau iklan. Contohnya saja pada usaha manual jika kita ingin memasang banner di space banner di jalan raya itu akan menghabiskan biaya sekitar 20 jt/bulan. Sedangkan kalau menggunakan E-Commerce kita dapat memasarkan barang dengan biaya yang murah seperti memasang iklan di google.

Kerugian E-Commerce

Ada keuntungan menggunakan E-Commerce ada pula kerungian menggunakan E-Commerce. Berikut ini saya akan memaparkan beberapa kerugian E-Commerce
  1. Terjadi Penipuan. Sering terjadi penipuan saat berbelanja online di internet antara konsumen dan penjual. Contohnya barang yang dipesan konsumen telah dibayar di muka namun setelah ditunggu barang yang dipesan tidak kunjung datang, begitu pula sebaliknya jika penjual terlalu percaya dengan konsumen, penjual mengirimkan barangnya terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan ketika barang sudah diterima konsumen, tetapi ketika barang sudah sampai pada konsumen maka konsumen tidak melakukan pembayaran.
  2. Terjadi kejahatan seperti carding. Kasus ini banyak terjadi sekarang ini, dimana seseorang menggunakan kartu kredit oranglain untuk berbelanja online. Sehingga suatu saat bila terjadi masalah penjual juga akan ikut terlibat.
  3. Cyeber Crime. Kejahatan ini sudah tidak asing lagi, e-commerce menggunakan internet dan komputer, jadi terbuka kemungkinan bagi seorang cracker untuk masuk kedalam siste e-commerce dan melakukan pengrusakan, pencurian data. 


Pengalaman menggunkan e-commerce           :

            Saya jarang berbelanja melalui online shop, pernah waktu itu berbelanja online dan itupun online shop teman saya sendiri jadi dijamin terpercaya banget kan kalo sama teman sendiri hehehe. Saya  tidak terlalu suka berbelanja melalui dunia maya, memang secara teknis lebih praktis dan tidak buang-buang waktu untuk mengitari suatu pusat perbelanjaan. Saya lebih suka membeli barang yang dapat dilihat secara fisik, tidak seperti “membeli kucing dalam karung”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar