Pengertian
E-Commerce
E-Commerce atau yang biasa disebut dengan perdagangan elektronik adalah
aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang serta
pelayanan jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet dan
jaringan komputer. Selain itu E-Commerce juga berhubungan dengan aktivitas
transfer, transaksi elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan
data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama
kali banner elektronik dipergunakan untuk tujuan promosi atau periklanan di
suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS $12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
Di dalam
teknologi informasi E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussines yang memiliki
cakupan yang lebih luas dari segi aktivitas maupun kegiatan-kegiatan yang
dilakukan.
Keuntungan
E-Commerce
Keuntungan kita jika menggunakan E-Commerce adalah untuk melakukan
penjualan kita tidak perlu repot-repot menyewa tempat atau ruko seperti yang
dilakukan para pengusaha manual sebagai tempat usaha. Kalau kita menggunakan
E-Commerce cukup dengan adanya koneksi internet kita dapat berbisnis dimana
saja seperti dirumah, dikantor. Calon konsumen juga menjadi tidak terbatas pada
daerah tertentu saja melainkan mencakup daerah yang luas karena produk yang
kita tawarkan bisa dilihat hanya dengan menggunakan akses internet yang sangat
mudah didapatkan sekarang ini.
Selain itu komunikasi antara konsumen dan produsen juga menjadi sangat
mudah karena dilakukan secara online menggunakan internet. Dari segi pemasaran
juga akan sangat dimudahkan tidak seperti usaha manual yang memerlukan biaya
yang besar untuk pemasaran atau iklan. Contohnya saja pada usaha manual jika
kita ingin memasang banner di space banner di jalan raya itu akan menghabiskan
biaya sekitar 20 jt/bulan. Sedangkan kalau menggunakan E-Commerce kita dapat
memasarkan barang dengan biaya yang murah seperti memasang iklan di google.
Kerugian
E-Commerce
Ada keuntungan menggunakan E-Commerce ada pula kerungian menggunakan
E-Commerce. Berikut ini saya akan memaparkan beberapa kerugian E-Commerce
- Terjadi Penipuan. Sering terjadi penipuan saat berbelanja online di internet antara konsumen dan penjual. Contohnya barang yang dipesan konsumen telah dibayar di muka namun setelah ditunggu barang yang dipesan tidak kunjung datang, begitu pula sebaliknya jika penjual terlalu percaya dengan konsumen, penjual mengirimkan barangnya terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan ketika barang sudah diterima konsumen, tetapi ketika barang sudah sampai pada konsumen maka konsumen tidak melakukan pembayaran.
- Terjadi kejahatan seperti carding. Kasus ini banyak terjadi sekarang ini, dimana seseorang menggunakan kartu kredit oranglain untuk berbelanja online. Sehingga suatu saat bila terjadi masalah penjual juga akan ikut terlibat.
- Cyeber Crime. Kejahatan ini sudah tidak asing lagi, e-commerce menggunakan internet dan komputer, jadi terbuka kemungkinan bagi seorang cracker untuk masuk kedalam siste e-commerce dan melakukan pengrusakan, pencurian data.
Pengalaman menggunkan
e-commerce :
Saya jarang berbelanja melalui online shop, pernah waktu
itu berbelanja online dan itupun online shop teman saya sendiri jadi dijamin
terpercaya banget kan kalo sama teman sendiri hehehe. Saya tidak terlalu suka berbelanja melalui dunia
maya, memang secara teknis lebih praktis dan tidak buang-buang waktu untuk
mengitari suatu pusat perbelanjaan. Saya lebih suka membeli barang yang dapat
dilihat secara fisik, tidak seperti “membeli kucing dalam karung”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar