Kamis, 10 Oktober 2013

Kesenjangan Sosial Dalam Masyarakat



MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT

            Seiring berjalan dan berkembangnya zaman, serta maraknya budaya luar yang masuk ke Indonesia. Saat ini kebudayaan lokal atau kebudayaan Indonesia sudah mulai terkikis oleh pengaruh budaya barat. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas, dari yang muda sampai yang tua perlahan mulai meninggalkan budaya tradisional bangsa tempat mereka berpijak. Masalah sosial dan budaya adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan dan masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial muncul karena terjadi perbedaan antara nilai realita dan nilai dalam masyarakat.
Faktor masalah sosial yang paling rentan terjadi dikehidupan masyarakat adalah faktor ekonomi dan faktor budaya.
Faktor ekonomi adalah faktor terbesar terjadinya ketimpangan dan masalah sosial. Uang memang bukan segalanya, tetapi semua orang membutuhkan uang sebagai sarana untuk melanjutkan hidup. Ketika terjadi ketimpangan ekonomi, akibatnya angka kemiskinan, pengangguran dan kriminalitas semakin tinggi. Karena kemiskinan, pengangguuran dan kriminalitas adalah 3 alasan yang sulit untuk dipisahkan dari faktor masalah sosial mengenai perokonomian.
Faktor budaya adalah faktor yang sangat mempengaruhi gaya
hidup seseorang dimasa kini. Contohnya adalah kenakalan remaja dengan perilaku menyimpang seperti menggunakan narkoba, seks bebas dan meminum minuman beralkohol. Padahal, remaja adalah aset yang sangat berharga bagi sebuah bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dimasa lalu. Jika remajanya nya rusak, maka hancurlah negara tersebut. Gaya hidup seseorang juga menjadi pemicu masalah sosial budaya. Budaya barat yang masuk ke Indonesia semakin kental dan sangat bisa disadari. Di era globalisasi ini, semakin marak restoran-restoran cepat saji milik negara asing di negara kita dan juga terjadinyaa perubahan gaya busana atau mode. Hal itu semua mejadi pemicu gaya hidup seseorang menjadi westernisasi dan melupakan kebudayaan bangsa sendiri.
Bagaimana cara mengatasi masalah sosial tersebut?
Yang pertama adalah peran keluarga. Ini adalah pintu pertama dalam menangani masalah.  Karena keluarga terutama orangtua adalah bagian primer dari tatanan sosial masyarakat, orangtua juga jadi penentu baik atau tidaknya kehidupan keluarga yang akhirnya akan bersinggungan dengan kehidupan masyarakat disekitarnya. Peran orangtua adalah dengan memberikan pengajaran yang baik terhadap anak-anaknya, membikan tambahan ilmu agama agar bisa menghindari masalah sosial serta dengan memberikan contoh yang baik terhadap anak adalah kunci dari semua yang diajarkan.
Yang kedua adalah peran masyarakat. Masyarakat adalah peran sekunder setelah keluarga. Masyarakat adalah lingkungan penentu dari sikap dan gaya hidup seseorang. Untuk itu, lingkungan pun harus memiliki bobot yang berkualitas agar bisa menghindari masalah sosial.
Yang ketiga adalah peran pemerintah. Peran inilah yang sangat berpengaruh dan dapat membantu peran peran lainya dalam mengatasi masalah sosial. Karena pemerintah memiliki wewenang untuk menggerakan, memfasilitasi dan bahkan memberikan hukuman bagi yang tidak mengikuti aturannya. Diantara yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan mendirikan lembaga-lembaga khusus yang menangani persoal-persoalan tertentu. Misalnya penyuluhan anti narkoba, pelatihan ketenagakerjaan dan lain sebagainya. Atau mungkin menciptakan program-program yang berdampak pemilaharaan tatanan sosial. Misalnya dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai pada masyarakat kurang mampu, memfasilitasi kebutuhan sekolahnya secara berkala. Selain itu pemerintah juga dapat dan harus menciptakan aturan yang tegas pada semua usaha yang dilakukan oleh pemerintah juga menjadi senjata ampuh dalam menjaga kelangsungan program-program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar